Detail pustaka
Mengubah Keputusan-Nya
Minggu, 11-Nov-2012 | Penulis : LIA YULIANI

Saudara-saudaraku tercinta, di tengah-tengah keterpurukan hidup yang menyesakkan, di tengah-tengah situasi ekonomi yang sulit dan mencekik, di tengah-tengah problem kehidupan yang kian tidak menentu – kita sesungguhnya tidak boleh mengalami keputus-asaan. Jalan keluar sesungguhnya masih ada dan selalu ada. Terlebih kita sebagai manusia yang masih memiliki iman dan kepercayaan kepada Allah Yang Maha Rahman dan Rahiem. Dalam firman-Nya yang karim, Allah mengingatkan: “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, pasti Allah akan memberi jalan keluar dan akan memberi rizki yang tidak disangka-sangka”.

Kita begitu yakin, bahwa dalam perspektif iman, kita meyakini sepenuhnya bahwa memang dalam hidup ini tidak ada yang mudah, kecuali Allah memudahkannya. Adalah seorang mubalig muda Yusuf Mansur pernah berujar bahwa: Tidak ada yang bisa mengubah keputusan Allah, kecuali Allah sendiri.

Dalam konteks permasalahan kesulitan hidup, banyak manusia yang merasa sedang mengalami kematian kecil. Banyak orang yang bila kedatangan masalah, yang bila kesulitan hadir, seakan-akan badan tidak lagi  memiliki nyawa, lemas tak bertenaga, gelap tak bercahaya. Hidup tanpa motivasi dan semangat lagi. Ya, tidak sedikit di antara kita yang kemudian merasa seakan hidupnya segera akan berakhir.

Maka, ketika Rasulullah menyampaikan berita bahwa sedekah akan memperpanjang umur dan menunda kematian datang, kiranya sedekah pun akan punya pengaruh sangat besar untuk sebagian dari kita yang sedang mengalami kematian-kematian kecil. Sedekah, insya Allah, akan bisa menyelamatkan kita dari permasalahan dan kesulitan hidup yang sedang kita alami. Seakan ia juga “memanjangkan umur” kita.

Dan jika Allah menimpakan kemudaratan kepada kamu, maka tidak akan ada yang bisa melepaskannya kecuali Allah. Dan jika Dia berkenan mendatangkan kebaikan-Nya untukmu, ketahuilah Dia teramat kuasa atas tiap-tiap sesuatu”(Al-An’aam:17)

Menurut Ustadz Yusuf Mansur dalam Wisata Hati  (Gatra 24 Desember, 2005), cobalah resep sederhana ini: Resep Sedekah! Bila Anda sedang menghadapi “kematian-kematian kecil”, misalnya keterpurukan usaha, ketidakmampuan membayar utang, rumah tangga yang tidak harmonis, kesedihan atau keputusasaan yang mendalam, segera saja menyedekahkan sesuatu yang terbaik yang Anda miliki. Sedekahkan untuk Allah. Cari dan temukan orang yang lebih susah dari Anda, untuk kemudian Anda berikan pertolongan. Bila Anda bisa melakukannya, bukan tidak mungkin Allah akan mengubah keputusan-Nya.

v  Yang tadinya usaha Anda menuju kehancuran total, Allah selamatkan dengan Kuasa-Nya, hingga Anda menemukan usaha Anda kembali bersinar, kembali jaya.

v  Yang tadinya Anda terancam berhenti dari pekerjaan, malah kemudian Anda akan menemukan diri Anda berkarier semakin bagus.

v  Yang tadinya Anda menemukan diri Anda sedang menuju kehancuran rumah tangga, malah menemukan diri Anda semakin harmonis dalam berumah tangga.

v  Yang tadinya utang seakan sudah tidak akan terbayar, mencekik leher Anda, membuat cemas hati Anda, dan membuat gundah gulana sepanjang hari, tiba-tiba Anda menemukan utang-utang itu surut.

v  Yang tadinya Anda hidup di bawah tekanan dan ancaman, akan segera terbebas dari tekanan dan ancaman. Bahkan mungkin Anda akan menemukan diri Anda sudah bebas sama sekali dari sesuatu yang Anda sebut sebagai masalah.

 

Yang demikian itu terwujud bila Allah menghendaki. Dan kita bisa meminta pertolongan Allah, bisa menghadirkan kehendak Allah yang lain. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan sedekah. Sedekah akan memperpanjang umur. Termasuk “umur” segala masalah di dunia ini. Di tangan Allah-lah segala keputusan mengubah segala sesuatunya;

 

v  Bagi Allah, mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin adalah sesuatu yang teramat mudah.

v  Bagi Allah, mengubah yang berat menjadi ringan, yang sulit menjadi mudah, yang buntu memiliki jalan keluar, pun teramat mudah.

v  Bagi Allah, bahkan mengubah mereka yang kaya menjadi miskin, mengubah orangtua yang memiliki anak banyak menjadi tidak memiliki anak sama sekali, mengubah mereka yang sukses menjadi sangat terpuruk, mengubah mereka yang terhormat menjadi hina, adalah benar-benar teramat mudah.

Bila kita bertanya, kenapa semua yang di mata manusia tidak mungkin menjadi mungkin? Kenapa semua yang seakan mustahil bagi manusia menjadi tidak mustahil? Semua itu karena Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Selamat mengubah keputusan Allah, dengan memberikan kepada Allah sedekah terbaik dari harta yang Allah titipkan kepada kita. Jikalau kita mampu mewujudkannya, niscaya kita terbebaskan dari kesulitan-kesulitan. Semoga kita makin tercerahkan!***

 

*) Penulis, adalah kepala MTs Pesantren Persis 37 Sumedang dan pengurus PP Persistri

 

Fikrah
DR.H. Irfan Syafrudin, MA
Sistem ekonomi Islam telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup manusia, meningkatkan keadilan dan persamaan dalam masyarakat, bangsa dan negara, ataupun antara masyarakat Islam dan masyarakat dunia. Di sadari sejak...more...
Dewan Tafkir
DR. Badri Khairuman
Yusuf al-Qaradhawi, yang dikenal di tanah air dengan nama Yusuf Qaradawi, adalah ulama kontemporer, yang sangat ditunggu-tunggu fatwanya oleh masyarakat muslim internasional. Ulama kelahiran Mesir tahun 1926 dan kini masih...more
Dunia Islam
BANGUI.Pembantaian kembali terjadi terhadap Muslim di Republik Afrika Tengah, dimana 13 Muslim dibunuh pada Senin (27/1) dalam penyerangan kelompok Muslim di negara tersebut. Sebelumnya Pejabat Hak Asasi Manusia PBB telah...more
INFO ASTRONOMI
POSISI BULAN
Office :
  • Jl. Perintis Kemerdekaan No. 2
  • Bandung, Jawabarat-Indonesia
  • Tel/Fax: 022-4220705/022-4220702
  • email: info[at]persatuanislam.or.id
atas